cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. MW. Maramis No.29, Cengklik, Nusukan, Surakarta, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB
ISSN : 1693590X     EISSN : 26864711     DOI : 10.36309
Core Subject : Science,
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB (ISSN 1693-590x) merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian kalangan akademisi, peneliti dan praktisi bidang informatika dan teknologi informasi, meliputi: teori dan sistem informasi, ilmu informasi, keamanan informasi, pengolahan dan struktur data, pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak, ilmu komputer, teknik komputer, arsitektur dan jaringan komputer, mikrokontroller, pemrograman interface dan aplikasinya pada berbagai bidang. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 27, No 1 (2021): June" : 10 Documents clear
Sistem Informasi Akademik di SMK Negeri Jenawi Berbasis Android Sutariyani Sutariyani; Kristono Kristono; Ika Mustika
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.145

Abstract

Peran guru dalam lingkup sekolah sangatlah penting dalam proses mengajar, maka dari itu setiap selesai pembelajaran siswa diberi tugas, ulangan harian, Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Sekolah (UAS) untuk mengukur seberapa besar siswa mampu menangkap materi yang diajarkan, melihat hal tersebut akan lebih baik apabila nilai siswa dapat dikelola melalui sistem. Pengelolaan akademik sekolah masih dilakukan secara tertulis berbasis catatan yang belum terpadu, menyebabkan pengulangan data yang mengakibatkan pembukuan tidak efisien. Tujuan dari penelitian adalah untuk membangun dan merancang Sistem Informasi Akademik di SMK Negeri Jenawi Berbasis Android. Hasil perancangan Sistem Informasi Akademik di SMK Negeri Jenawi Berbasis Android ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Untuk analisa kelemahan sistem menggunakan analisa PIECES. Sedangkan untuk menggambarkan alur data menggunakan yang terdiri flowchart sistem, usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Android Studio sedangkan untuk pengolahan database menggunakan MySQL. Hasil dari penilitian ini adalah adanya Sistem Informasi Akademik di SMK Negeri Jenawi Berbasis Android, Sistem ini mempermudah pengolahan data siswa, data guru, mata pelajaran, kelas dan nilai.
Kendali Lampu dengan AC Light Dimmer Berbasis Internet of Things Dessyana Kardha; Haryanto Haryanto; Muhammad Abdul Aziz
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.140

Abstract

Pola budaya masyarakan semakin lama terpengaruh dengan adanya perkembangan teknologi, seperti smartphone android yang membantu kegiatan masyarakat dari hal yang sangat sederhana. Berdasar dari hal tersebut, smartphone android dapat membatu dalam proses kegiatan kendali terang dan redupnya lampu. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem kendali lampu dengan AC light dimmer berbasis internet of things dengan metode prototype. Dari penelitian tersebut untuk menjawab dan mencoba dipecahkan dengan dibangunnya sistem kendali lampu dengan mikrokontroler Lolin Node MCU ESP8266 v3 dan AC light dimmer dan memanfaatkan aplikasi Blynk sebagai interface kendali lampu. Hasil Penelitian dari topik ini adalah dibangunya sistem kendali lampu dengan mikrokontroler Lolin Node MCU ESP8266 v3 yang berisikan perintah untuk mengatur tegangan yang masuk pada lampu dengan AC light dimmer untuk ruang kelas STMIK AUB Surakarta. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah dapat membantu dalam mengendalikan tingkan pencahayaan lampu dari jarak jauh.
Sistem Informasi Belajar Mengajar di SMA N Mojogedang Berbasis Android Anton Respati Pamungkas; Djayus Nor Salim; Intan Rahmawati
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.146

Abstract

Dalam penelitian ini, sistem yang akan dibangun merupakan aplikasi yang berbasis Android. Pembutan aplikasi menggunakan software Andoid Studio dengan bahasa pemrograman Java, dan PHP serta MySQL untuk pengolahan basis data. Untuk pengembangan sistem digunakan metode waterfall, sedangkan untuk analis sistem menggunakan analisis PIECES. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox untuk selanjutnya dilakukan pemeliharaan secara berkala. Aplikasi Sistem Informasi digunakan sebagai media penyebaran informasi dan komunikasi antara pihak sekolah dengan siswanya yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi memiliki beberapa fitur seperti profil sekolah, fasilitas sekolah, jadwal pelajaran, jadwal ekstrakulikuler, agenda sekolah, berita sekolah, materi pelajaran, bank soal, tugas, nilai, hingga forum. Sehingga dengan adanya aplikasi sistem informasi ini mampu meningkatkan pelayanan dan penyebaran informasi di SMA N Mojogedang menjadi lebih efektif dan efisien.
Alat Pengukur Debit Air dan Harga Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Berbasis IoT Widyo Ari Utomo; Agung Nugroho; Muslim Nugroho
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.141

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi telah melahirkan smartphone yang memiliki kemampuan seperti computer. Di dalam PAMSIMAS, samrtphone dapat memberikan kenyamanan atau kemudahan dalam monitoring penggunaan debit air pada masyarakat yang menggunakan air PAMSIMAS. Hasil yang dicapai adalah meningkatkan aspek kenyamanan dan kemudahan yang umumnya digunakan pada masyarakat awam dalam monitoring penggunaan debit air setiap bulannya, dimana yang sebelumnya menggunakan meteran yang tidak semua orang bisa membacanya, dan rangkaian ini dapat bekerja dengan water flow sensor pada mikrokontroler arduino uno. Sistem kerja sensor ini adalah dengan memanfaatkan fenomena efek hall. Efek hall ini didasarkan pada efek medan magnetik terhadap partikel bermuatan yang bergerak sehingga didapatkan nilai frekuensi. Frekuensi kemudian dikalkulasikan menjadi kecepatan laju air dan volume total. Hasil pengukuran kemudian ditampilkan pada LCD 16x4 karakter berupa laju air dan volume total. Kemudian hasil tersebut di kirimkan ke smartphone petugas PAMSIMAS dengan menggunakan wemos d1 mini ke aplikasi blynk. Dengan adanya alat tersebut diharapkan dapat memudahkan PAMSIMAS untuk memonitoring secara online sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja serta mempermudah pengolahan data dan laporan.
Aplikasi Silsilah Marga Siahaan (Somba Debata) Berbasis Android Hartati Dyah W; Isadora Nugroho; Ricko Siahaan
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.147

Abstract

Tarombo adalah silsilah garis keturunan secara patrilineal dalam suku Batak yang sudah menjadi adat bagi masyarakat untuk mengetahui silsilah atau letak hubungan kekerabatan. Namun, adat ini mulai menghilang dari masyarakat suku Batak karena data keluarga yang sulit dicari, silsilah yang mulai meluas, dan proses pembuatan yang masih dilakukan secara manual dengan cara melakukan interview dengan ayah atau keluarga dejat tentang silsilah keluarag. Hal-hal tersebut menjadikan tarombo kehilangan daya tariknya dan menjadi latar belakang dari penelitian ini. Tujuan p..enelitian ini adalah membangun suatu sistem aplikasi berbasis Android yang akan menjadi media bagi para pengguna untuk dapat memiliki, membuat atau meneruskan silsilah keluarga serta memudahkan kita untuk mencari silsilah atau tarombo marga dan keluaraga. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode watefall yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa flowchart, Unified Modelling Language (UML), Class Diagram, Activity Diagram dan Squence diagram serta dalam perancangan basis data menggunakan PhpMyadmin. Untuk mengimplementasikan sistem informasi silsilah marga Sahaan ini, dibutuhkan komponen pendukung agar dapat bekerja dengan baik. Komponen tersebut diantaranya menggunakan bahasa pemrograman PHP, Android dan Java, untuk penyimpanan data menggunakan database MySQL. Perancangan sistem ini diharapakan bisa membantu dan mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi  dengan fungsi utama sebagai media untuk membutuhkan informasi mengenai silsilah marga batak, khususnya marga Siahaan serta memberikan kemudahan dan kecepatan serta ketepatan pada pencarian yang diinginkan.
Pengembangan Digital Signage sebagai Papan Informasi Digital Studi Kasus: STMIK AUB Surakarta Ernes Cahyo Nugroho; Erni Widarti; Neira Anjar Pujisusilo; Bayu Adi Catur
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.142

Abstract

STMIK AUB Surakarta telah memanfaatkan media website sebagai sarana penyampaian informasi. Namun dalam lingkungan internal masih menggunakan cara konvensional dengan menempel lembar pengumuman pada papan informasi yang tersedia, masih banyak informasi atau pengumuman yang harus disampaikan dengan cepat, informatif dan up to date, seperti informasi proses belajar mengajar, agenda atau kegiatan di jurusan, maupun informasi lainnya yang berhubungan dengan layanan konvensional dan statis melalui papan pengumuman. Informasi yang diberikan menggunakan lembaran yang ditempelkan di papan informasi yang tersedia. Dengan cara ini tentu akan memboroskan kertas dan biaya, karena hanya digunakan sekali saja, setelah pengumuman itu kadaluarsa, lembaran informasi tersebut tidak berguna lagi dan dapat memberikan kesan kotor pada papan bekas tempelan selembaran kertas pengumuman tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menyampaikan segala informasi tentang STMIK AUB Surakarta secara menarik, informatif, dinamis, dan real time. Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan Digital Signage sebagai papan informasi digital yang dapat menyajikan informasi secara up to date, informatif, dinamis, dan menarik. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat Digital Signage dengan menggunakan Android TV Box sebagai media pemutar konten yang berupa gambar, video, dan text, serta LCD TV sebagai tampilan layarnya. Untuk TV yang sudah Smart TV tidak memerlukan perangkat Android TV Box. Kesimpulan penelitian ini adalah Digital Signage dapat digunakan untuk menyampaikan informasi pada STMIK AUB Surakarta. Digital Signage dapat menyampaikan informasi secara up to date, informatif, dinamis, dan menarik. Digital Signage dapat menyampaikan informasi secara real time tanpa perlu menunggu dalam jangka waktu yang lama.
Aplikasi Pengenalan Penyakit Kejiwaan Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android Kristono Kristono; Ony Budi Prasetyo; Sri Irjani Sholihah
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.148

Abstract

Pada penelitian ini penulis membuat Sistem Pakar Kejiwaan Berbasis Android dengan menerapan metode certainty factor dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan metode pendekatan Waterfall. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Metode analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES. Sistem ini dibuat agar seseorang dapat mengetahui dan menanggulangi penyakit yang dideritanya. Sistem pakar untuk diagnosa penyakit kejiwaan ini merupakan suatu sistem pakar yang dirancang sebagai alat bantu untuk mendiagnosa penyakit kejiwaan dengan basis pengetahuan yang dinamis. Dimana sistem pakar merupakan sistem komputer yang berisi penalaran seorang pakar yang memiliki keahlian tertentu dan sistem pakar juga dapat sebagai pengganti peran seorang pakar yang prinsip kerjanya dapat memberikan hasil yang pasti, menggunankan metode certainty factor. Sistem pakar ini akan menampilkan pertanyaan gejala yang dapat dipilih oleh user, dimana setiap pilihan gejala user terdapat nilai dan nilai tersebut diakumulasi dengan nilai gejala oleh pakar. Pada hasil akhir, sistem akan menampilkan hasil diagnosa user, dan penyakit yang diderita. Sistem tersebut memberikan hasil berupa kemungkinan penyakit yang dialami beserta persentase keyakinan, dan user dapat berkonsultasi dengan pakar.
Pengatur Lampu Aquarium dan Pakan Ikan Otomatis Berbasis Internet of Things Ratna Herawati; Aryo Wicak Arkantoro; Adi Kriscahyanto; Endras Nur Rosyid
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.143

Abstract

Salah satu hobi yang banyak diminati masyarakat dan juga bisa menghasilkan uang adalah memelihara ikan. Ikan yang umum dipelihara ada dua jenis yaitu ikan hias predator dan juga ikan hias. Dengan harga jual yang berbeda dengan ikan konsumsi, dimana ikan hias memiliki kualitas yang berbeda-beda walaupun memiliki jenis dan ukuran yang sama. Bagi penghobi ikan Palmas senegalus albino semakin unik ikan palmas senegalus albino yang dimiliki maka semakin besar rasa bangga yang dimiliki. Bagi kebanyakan penghobi ikan palmas senegalus albino, memelihara ikan tidak melulu tentang uang tetapi tentang kepuasan saat melihat ikan palmas senegalus albino tumbuh dan berkembang dengan baik dengan memperhatikan kondisi aquarium dan juga konsumsi ikan palmas senegalus albino secara teratur sesuai dengan kebutuhan ikan palmas senegalus albino. Tujuan dari penelitian ini untuk memudahkan pemberian pakan serta mematikan lampu aquarium sehingga meminimalisir kemungkinan ikan setres dan tanaman di aquarium mati. Penambahan antar muka di smartphone memudahkan para penghobi ikan untuk memberikan pakan pada ikan dan memonitoring lampu aquarium apakah menyala atau mati pada aplikasi Blynk pada smartphone penghobi ikan. Metode yang digunakan adalah dengan metode Waterfall dan metode perancangan dimana artinya adalah menggabungkan, penulis menganalisa kebutuhan dan melalui melalui metode Waterfall tersebut penulis merancang tahapan-tahapan yang akan dilakukan. Dengan menggunakan Arduino IDE sebagai lingkungan pengembangan program serta menggunakkan bahasa pemrograman C. Hasil penelitian yang dicapai adalah ikan Palmas senegalus albino mendapatkan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan serta tanaman yang berada di aquarium mendapatkan cahaya yang cukup sehingga tidak mati dan menjadi racun dan juga lumut tidak berkembang dengan cepat. Kesimpulannya adalah alat ini memberikan porsi pakan ikan palmas senegalus albino yang sesuai kebutuhan serta cahaya lampu 8 jam agar tanaman pada aquarium hidup dan berkembang dengan baik dan lumut tidak cepat menyebar.
Sistem Informasi Administrasi Gereja Paroki St. Stephanus Jumapolo Berbasis Android Robby Rachmatullah; Budhi Sumboro; Florentina Woro Setianingsih
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.144

Abstract

Gereja Paroki St. Stephanus Jumapolo merupakan gereja katolik yang terletak di kecamatan Jumapolo. Gereja ini memiliki banyak sekali kegiatan yang melibatkan seluruh warga gereja. Sehingga penyampaian informasi gereja menjadi hal yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mempermudah warga gereja dalam memperoleh informasi. Dengan adanya sistem informasi berbasis android akan membantu mempermudah warga gereja dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Sistem ini dibangun menggunakan Android Studio sebagai development tool, menggunakan bahasa pemograman pendukung java script, html, MySQL dan PHP sebagai database. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan analisis PIECES. Menggunakan flowchart, usecase diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram sebagai penggambaran bagaimana sistem berjalan. Hasil dari penelitian ini adalah membangun sistem informasi administrasi gereja paroki St. Stephanus Jumapolo berbasis Android yang dapat menampilkan informasi-informasi gereja yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja oleh seluruh warga gereja.
Purwarupa Deteksi PH dan EC Larutan Nutrisi Hidroponik Berbasis Internet Of Things Paryanta Paryanta; Wisnu Wendanto; Putri Mulyani
Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB Vol 27, No 1 (2021): June
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AUB - Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36309/goi.v27i1.139

Abstract

Sistem deteksi pH dan EC di Rainbrow Hidroponik Boyolali masih konvensional, yakni pengecekan dan penstabilan kadar kepekatan larutan nutrisi dilakukan oleh penggiat hidroponik setiap pagi dan sore hari dan penggurasan tandon penampungan juga dilakukan oleh penggiat hidroponik setiap 2 minggu sekali. Oleh karena itu penggiat hidroponik membutuhkan terobosan baru dengan teknik dan proses otomatis agar dapat memonitoring tanaman tanpa mendatangi tempat tanam atau kebun hidroponik. Penelitian ini bertujuan mendeteksi kadar keasaman dan kepekatan air nutrisi menggunakan mikrokontroler Arduino Uno R3 yang dapat mengirimkan data berupa keasaman dan kepekatan larutan nutrisi ke smart phone android yang terhubung. Keasaman dengan sensor pH, dan kepekatan dengan sensor EC. Data dari sensor masuk ke Arduino Uno R3 dan ditampilkan di LCD lalu WiFi modul ESP8266 akan mengirimkan data keasaman, dan kepekatan ke smart phone android dengan teknologi Internet of Things (IoT) serta dapat melakukan kontrol pompa penggurasan tandon penampungan via aplikasi mobile. Hasil penelitian ini berupa purwarupa deteksi pH dan EC larutan nutrisi hidroponik berbasis Internet of Things yang bekerja setelah mendapatkan data kadar pH, EC dan ketinggian, relay akan menghantarkan arus daya 12 Volt dari adaptor 12 Volt kemudian solenoid valve akan aktif  untuk menstabilkan kadar nutrisi didalam bak tanam dengan membuka kran inputan nutrisi hingga kadar EC berada dibatas toleransi. Bila akan menggosongkan atau menguras bak tanam dengan mengklik tombol push button pada aplikasi blynk di android, relay langsung menghantarkan arus daya dari adaptor 12 Volt ke solenoid valve terbuka hingga ketinggian air dibatas minimum. Kesimpulan purwarupa deteksi pH dan EC otomatis telah berhasil dirancang dan dibuat menggunakan arduino uno R3 sebagai pusat pengendali dengan sensor pH sebagai pendeteksi keasaman dan kepekatan air didalam bak tanam. Alat akan terus bekerja selama terhubung dengan arus listrik, saat tidak terhubung dengan arus listrik maka aliran larutan nutrisi ke pipa penampungan akan berhenti dan berkurangnya larutan nutrisi sesuai tingkat penyerapan tanaman terhadap larutan nutrisi. Data yang masuk ke aplikasi mobile mengandalkan kekuatan sinyal hotspot WiFi untuk megirimkan data keasaman, kepekatan larutan nutrisi, dan kontrol pompa penggurasan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10